Aplikasi nilai karakter syukur di Al-Quran surat Luqman sebagai upaya penanganan degradasi moral remaja pada Rancangan SMP Islam, Surabaya

Ihdina Sabili, Murni Rachmawati
Submission Date: 2017-08-02 10:34:37
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Degradasi moral sudah beberapa tahun terakhir ini menjadi permasalahan yang cukup krusial di Indonesia. Sekolah masih tetap menjadi pilihan paling ideal dalam menerapkan pendidikan karakter pada anak didik. Dalam agama islam, acuan paling utama dalam menjalankan kehidupan adalah Al-Quran. Di dalamnya terdapat semua ajaran, contoh dan juga perintah, diantaranya juga tentang berkarakter mulia, salah satunya ialah Syukur. Maka dengan Al-Quran inilah adanya harapan mampu membentuk perilaku terpuji dan karakter mulia manusia. Peran arsitektur dalam penyelesaian masalah ini diantaranya dalam membentuk ruang belajar, membentuk pola sirkulasi dalam berinteraksi, menciptakan suasana kondusif dalam menyerap materi, serta penerapan kepada kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan pendekatan pada teori perilaku manusia, perancangan menitikberatkan pada proses dan berdasarkan ajaran penting dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12 tentang Syukur. Maka dibuatlah rancangan SMP Islam dengan konsep syukur yang terbagi menjadi tiga kelompok, syukur kepada Allah, alam, dan sesama manusia. Baik dalam aspek teknis, interior maupun eksterior.

Keywords


Islam; Al-Quran; Pendidikan; Sekolah; Perilaku; Syukur

References