Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Infografis

Haris Wiratna, Rahmatsyam Lakoro
Submission Date: 2017-08-08 23:59:07
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Kabupaten Jember mempunyai beberapa obyek wisata pantai. Menurut data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, jumlah pengunjung masih terbilang sedikit dibandingkan dengan wisata pantai yang segaris pantai seperti wisata pantai Malang yang mencapai 2.868.977 orang pada tahun 2014, mengingat beberapa pantai sudah memenuhi kriteria untuk disebut sebagai obyek wisata pantai. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pra riset yang membahas tentang penggunaan tema judul, dan tahap riset yang membahas tentang konten untuk obyek perancangan. Penggalian data didapat dari wawancara dengan stakeholder, observasi langsung, pengumpulan data dari Dinas Pariwisata, kuesioner yang disebarkan secara online, studi pustaka dari jurnal ilmiah dan penggalian data melalui situs-situs online. Perancangan ini menghasilkan video promosi yang merepresentasikan wisata pantai Kabupaten Jember dengan konsep sinematik infografis yang didalamnya berisi informasi keindahan-keindahan wisata pantai untuk daya tarik audiens sehingga dapat membantu program pengembangan pariwisata daerah.

Keywords


Jember; pantai; promosi; video

References


Jones, C. (2015, Februari 11). Anything but Neutral: Using Color to Create Emotional Images. Retrieved from https://photography.tutsplus.com: https://photography.tutsplus.com/tutorials/anything-but-neutral-using-color-to-create-emotional-images--cms-23214

Lancaster, K. (2013). DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press.

Pham, C. Q. (2013). Tourism Promotion Video Production Quality Management and Acceptance Study. Tourism Promotion, 2.

Zeisser, A. (2015). Transmedia Marketing: From Film and TV to Games and Digital Media. New York: CRC Press.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual. Yogyakarta: Dimensi Press.

Weynand, M. W. (2007). How Video Works. USA: Focal Press.

Widagdo. (2008). Desain, Teori, dan Praktek. Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni BP ISI Yogyakarta III/03, 3.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.