Perancangan 22 Kartu Arkana Mayor Tarot Astadewa untuk Aplikasi Mobile

Elsa Serina Putri, R Eka Rizkiantono
Submission Date: 2017-08-10 12:39:50
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Perkembangan industri smartphone semakin naik setiap tahunnya, berikut industri program aplikasi. Salah satu dari lima program aplikasi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat adalah program aplikasi dalam kategori gaya hidup, salah satu gaya hidup yang mengikuti perkembangan smartphone adalah gaya hidup tarot.

Gaya hidup tarot adalah gaya hidup yang bekembang di Indonesia semenjak terbitnya buku Bunga Rampai Wacana Tarot karya Ani Sekarningsih. Fenomena perkembangan gaya hidup ini memiliki potensi untuk dibuatnya media baru yang mendukung perkembangan smartphone, yaitu aplikasi mobile.

Tarot sendiri adalah satu set kartu berisi 22 kartu arkana mayor dan 56 arkana minor yang digunakan sebagai sebuah media meramal. Tarot sangat mudah dirasuki oleh budaya dan kisah yang berbeda-beda, selama masih berkesinambungan dengan makna universal. Dalam perancangan ini, budaya yang digunakan adalah wayang purwa mengangkat kisah Mahabharata.

Perancangan kartu tarot dan aplikasi mobile menggunakan metode riset kualitatif berupa observasi, studi literatur, FGD, dan wawancara mendalam dengan penganut gaya hidup tarot, developer aplikasi, dan juga pakar wayang.

Hasil yang diharapkan dari perancangan ini, dengan adanya sebuah aplikasi mobile dengan konten tarot lokal, maka dapat menginspirasi para desainer untuk membuat tarot dengan konten lokal, sehingga dapat mendukung perkembangan industri tarot Indonesia.

 


Keywords


Tarot; Astadewa; Mahabharata

References