Eksperimen Sistem Sambungan Tanpa Penggunaan Sekrup dan Baut Untuk Display Pameran

Ninik Rini Haryani, Ellya Zulaikha
Submission Date: 2018-08-02 17:32:22
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Sambungan adalah hasil dari penyatuan beberapa bagian atau konstruksi dengan menggunakan suatu cara tertentu. Sambungan memenuhi fungsi kekuatan, teknologi dan operasional-estetis yang penting dalam konstruksi furnitur. Saat ini fungsi sambungan mengalami pergeseran. Mulai muncul produk-produk yang mengangkat sambungan sebagai point of interest. Dengan sistem sambungan, fleksibilitas dalam konstruksi bisa dicapai. Konsep pengembangan sistem sambungan untuk konstruksi fleksibel tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai produk seperti display pameran. Terdepat peluang untuk mengaplikasikan sambungan pada display pameran karena display pameran membutuhkan dimensi yang cukup besar sehingga proses pembawaannya pun sulit. Dengan menerapkan sistem sambungan pada display pameran, dapat memudahkan sistem perakitan dan pembongkaran dalam display pameran yang bersifat sementara dan portable. Tidak hanya itu konstruksi dalam display pameran akan lebih fleksibel sesuai kebutuhan dengan sistem sambungan serta mudah dan ringkas saat dibawa. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, diperlukan beberapa percobaan dan analisis. Percobaan meliputi variabel dan prinsip sambungan, eksperimen sambungan kepada material serta eksperimen struktur dan konstruksi untuk mencari inovasi baru. Sedangkan analisis-analisis yang diperlukan adalah analisis terkait pasar, meliputi peluang pasar, target konsumer, target user, dan market position. Pada akhir penelitian ditemukan beberapa varian sambungan meliputi, prinsip sambungan, material yang akan disambung dan dijadikan diplay pameran, serta struktur konstruksi yang bisa dicapai menggunakan sistem sambungan yang dapat mempermudah user dalam perakitan dan fleksibel sesuai kebutuhan user.

Keywords


sambungan; display pameran

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.