Museum Seni dan Musik Interaktif Berbasis Perilaku Belajar

Rahmi Hadiyanti, Arina Hayati
Submission Date: 2018-08-02 22:49:35
Accepted Date: 2019-03-29 06:57:03

Abstract


Perancangan museum seni dan musik interaktif berbasis perilaku belajar, dilatarbelakangi dengan merespon sebuah fenomena untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap museum. Museum sebagai salah satu fasilitas yang menyediakan informasi untuk mendukung budaya belajar masyarakat. Sebuah museum interaktif dapat menjadi tempat menarik bagi semua kalangan masyarakat, khususnya anak-anak dan usia produktif. Namun, saat ini museum dengan konsep interaktif masih sedikit di Indonesia, terutama Surabaya. Perancangan museum seni dan musik interaktif ini bertujuan mewadahi minat masyarakat yang mencari informasi dan pengetahuan di sekitar mereka. Pendekatan perancangan yang digunakan adalah arsitektur perilaku, melalui hubungan persepsi, aksi, dan reaksi seseorang dalam ruang arsitektur; didukung pendekatan romantika dan penerapan tematik. Hasil rancangan museum seni dan musik interaktif, dieksplorasi berdasarkan aspek formal (site plan, program ruang dan sirkulasi, suasana, dan bentuk bangunan), dan secara teknis (struktur dan pencahayaan ruang).

Keywords


Interaktif; Museum; Perilaku Belajar; Seni dan Musik

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.