Pengaplikasian Tema Dolan terhadap Objek Rancang Taman Rakyat Surabaya berdasarkan teori “Intangible Methafor “ Anthony C. Antoniades

Ardianto Septian, Andy Mappajaya
Submission Date: 2013-08-14 13:53:23
Accepted Date: 2013-09-01 00:00:00

Abstract


Saat ini kebutuhan akan tempat taman rekreatif yang menarik menjadi sautu kebutuhan yang cukup penting bagi kehidupan warga perkotaan yang padat dengan hiruk pikuk suasana perkotaan yang penuh akan polusi dan kemacetan. Ditambah lagi kurang adanya wagah untuk acara rutin Pemerintah Surabaya berupa Car Free day dan SUCF apalagi kehidupan serta kebudayaan cangkruk seakan menjadi gaya hidup yang tidak dapat ditinggalkan oleh warga Surabaya.Keistimewaan dari Taman Rakyat Surabaya adalah menghadirkan suasana petualangan baru di sebuah taman agar pengunjung dapat mengekspresikan segala sesuatunya di taman tersebut. Selain itu taman ini diharapkan mampu menampung aktifitas Car Free Day dan SUCF (Surabaya Urban Culture Festival) serta hobby fotografi dan tujuan jangka panjang dari taman ini adalah menjadi pengembang kawasan sekitar Tunjungan yang telah lama mati. Pendekatan yang dilakukan ialah melalui teori intangible methafor yang mengangkat tema dolan. Dolan dapat diartikan sebuah kesenangan, sebuah petualangan, dan sebuah keakraban. Hal tersebut terlihat dari sifat atau karakter dolan tersebut sehingga pemilihan tema dolan tepat sasaran bila digunakan dalam dasar merancang Taman Rakyat SurabayaPengaplikasian tema dolan ke dalam rancangan dapat dilihat dengan adanya pola berkelok-kelok pada sirkulasi maupun massa bangunan hal tersebut untuk menggambarkan kesenangan pada objek rancang agar pengunjung tidak cepat bosan. Konsep taman yang terletak pada atap menjadi daya tarik dan sebauah petualangan baru di kawasan Surabaya.Keakraban dapat tercipta dengan adanya tribun yang menghadap ke area seni agar pengunjung dapat berkomunikasi satu dengan yang lain sambil melihat pertunjukan seni yang berlangsung

Keywords


kebutuhan masyarakat; dolan; integrasi lingkungan; taman rakyat

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.