Perancangan Aplikasi Anatomi dan Fisiologi pada Sistem Kardiovaskular sebagai Pendukung Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Umum

Ade Nobi Miranto, Kartika Kusuma Wardani
Submission Date: 2019-02-04 10:04:01
Accepted Date: 2019-05-31 00:00:00

Abstract


Anatomi dan fisiologi adalah ilmu dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran. Banyaknya materi yang harus dipelajari membuat mahasiswa kedokteran mengalami kesulitan dalam mengingatnya. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa kedokteran banyak yang menggunakan video dan aplikasi. Sehingga, penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menghafalkan materi anatomi dan fisiologi dengan tetap memberi ruang untuk mahasiswa kedokteran mempelajari dengan cara yang kreatifnya masing-masing. Metode yang dilakukan dalam perancangan ini, yaitu dengan melakukan studi eksploratif kepada mahasiswa kedokteran tentang cara belajar anatomi dan fisiologi, dengan menyebarkan kuisioner, melakukan wawancara, dan mempelajari personal inventory mereka, berupa catatan yang telah mereka buat. Selanjutnya, konten anatomi dan fisiologi dipelajari dengan melakukan studi literatur berupa buku anatomi dan fisiologi. Materi anatomi dan fisiologi dalam perancangan ini dibatasi hanya pada sistem kardiovaskular. Perancangan ini menghasilkan luaran berupa aplikasi anatomi dan fisiologi yang memiliki konsep “Personal Journal for Future Doctor”. Aplikasi anatomi dan fisiologi ini memiliki fitur catatan, animasi, tombol interaktif, dan dilengkapi dengan jurnal visual sebagai buku aktivitas dan catatan. Oleh karena terancangnya aplikasi anatomi dan fisiologi ini, diharapkan mahasiswa kedokteran dapat berhasil terbantu dalam belajar anatomi dan fisiologi.

Keywords


Aplikasi; Anatomi dan Fisiologi; Desain Antarmuka; Kardiovaskular; Mahasiswa Kedokteran

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.