Pengembangan Desain Treadmill Sebagai Alat Latihan Berjalan Pada Cerebral Palsy Dengan Memanfaatkan Realitas Virtual

Irma Mayla Andreani, Djoko Kuswanto
Submission Date: 2019-02-04 13:43:16
Accepted Date: 2019-05-31 00:00:00

Abstract


Cerebral Palsy (CP) adalah suatu kelainan statis nonprogresif yang disebabkan oleh cedera otak pada periode prenatal, perinatal dan postural. Kelainan ini mempengaruhi ketidakmampuan penderita untuk mengendalikan fungsi motorik, postur/sikap dan pergerakan akibat kerusakan sistem saraf pusat. Belum ada pengobatan yang mampu mengobati kelainan ini. Namun, terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk melatih fungsi gerak penderita berdasarkan potensi dan kemampuan mereka, salah satunya adalah latihan fungsi gerak motorik kasar, khususnya untuk latihan berjalan. Latihan berjalan membutuhkan ruang gerak yang cukup luas dengan pengawasan dari beberapa orang terapis karena apabila terjatuh, dikhawatirkan akan terjadi cedera pada bagian otot kaki. Selain itu, suasana ruang terapi sangat mempengaruhi psikis penderita CP sehingga tak sedikit kasus penderita yang berpindah tempat terapi demi untuk mencari suasana terapi yang berbeda. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menciptakan alat latihan berjalan yang lebih aman, dapat diawasi dengan mudah serta memberikan suasana latihan yang menyenangkan. Proses desain dimulai dengan pengumpulan data melalui metode komparasi jurnal, observasi dan pendekatan terhadap stakeholder. Melalui pengumpulan data tersebut didapatkan permasalahan dan kebutuhan penderita CP dalam melakukan latihan berjalan yang kemudian diolah bersama dengan literatur yang berkaitan sehingga menjadi produk dengan konsep desain stability dan fun. Hasil perancangan ini berupa alat latihan berjalan berupa Treadmill yang dilengkapi dengan safety belt dan memanfaatkan lingkungan virtual sebagai pengganti suasana ruangan latihan yang dapat dijelajahi oleh penderita.

Keywords


Cerebral palsy; realitas virtual; treadmill

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.