Perancangan Media Collectible Figure Karakter Tokoh Topeng Malangan sebagai Souvenir Tematik Kesenian Tradisional Kota Malang

Danang Haryo Widigdo, Sayatman Sayatman
Submission Date: 2019-07-29 20:06:03
Accepted Date: 2020-01-20 00:00:00

Abstract


Pemerintah Kota Malang menargetkan Malang menjadi destinasi wisata budaya. Sebagai sebuah daerah tujuan wisata sangat erat kaitannya dengan souvenir yang menjadi ciri khas tempat tersebut. Salah satu ikon budaya khas Kota Malang adalah kesenian Topeng Malangan dengan karakter topengnya yang sangat dikenal yaitu: R. Panji Asmoro Bangun, Dewi Sekar Taji, R. Gunung sari, Dewi Ragil Kuning, Bapang, dan Kelono Sewandono. Namun souvenir topeng malangan saat ini dalam produksinya masih menggunakan cara manual dan tradisional sehingga stok souvenir tidak menentu jumlahnya. Untuk itu dibutuhkan sebuah pembaruan souvenir dengan teknik produksi yang lebih efisien. Souvenir dengan media collectible figure menjadi alternatif yang tepat dan mampu memperkenalkan karakter tokoh topeng secara utuh dan rinci. Hasil dari perancangan ini adalah souvenir dengan media collectible figure karakter tokoh topeng malangan dengan konsep statue figure. Teknk produksi dilakukan melalui metode digital dengan pembuatan molding untuk mempermudah dan menekan biaya produksi. Metode penelitian dilakukan melalui observasi untuk mendapatkan gambaran langsung setiap karakter topeng malangan dan wawancara dengan pengrajin topeng, praktisi ahli figure. Pendekatan studi komparator dilakukan sebagai acuan untuk melihat sejauh mana produk akan bersaing di pasar dengan produk souvenir lainnya. Souvenir figure topeng malangan diharapkan menjadi pembaruan souvenir yang menarik wisatawan dan menjadi media pengenalan kesenian tradisional dan karakter lokal yang patut dijaga dan dilestarikan.


Keywords


Souvenir; Malang; Topeng Malangan; Pariwisata; Figure

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.