Peramalan Permintaan Penjualan SepedaMotor di PT. “A” dengan Menggunakan ARIMAX dan VARX (Studi Kasus diKabupaten Ponorogo)

Ani Satul Ru’yati Badriyah, Agus Suharsono
Submission Date: 2014-08-23 12:41:22
Accepted Date: 2014-09-14 00:00:00

Abstract


Kebutuhan akan sarana transportasi menjadi sangat penting bagi masyarakat. Transportasi dapat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas, salah satunya adalah sepeda motor. Salah satu merek sepeda motor yang cukup terkenal di kalangan masyarakat adalah sepeda motor merek “A”. Data AISI menunjukkan bahwa rata-rata penambahan sepeda motor “A” di Kabupaten Ponorogo sebesar 64% dari total motor baru yang terjual. Penelitian ini menggunakan metode ARIMAX dan VARX untuk meramalkan data penjualan sepeda motor. Penjualan sepeda motor yang diprediksi antara lain Total Market, Total Market matic, Total Market cub, motor merek “A”, merek “A” jenis matic, dan merek “A” jeniscub. Hasil ramalan secara univariate maupun multivariate menunjukkan bahwa efek variasi kalender memberikan pengaruh signifikan terhadap penjualan sepeda motor terutama pada saat satu bulan sebelum hari raya dan bulan tahun ajaran baru. Peramalan tahun 2014 berdasarkan hasil penelitian menunjukkan masih terdapat kenaikan untuk jenis matic dan total kendaraan serta terjadi penurunan pada jenis cub. Selain itu terdapat keterkaitan penjualan sepeda motor di wilayah Ponorogo.

Keywords


ARIMAX;VARX;sepeda motor;peramalan

References