Analisis Regresi Multivariat Terhadap Penilaian Listening, Structure, dan Reading Pada Nilai Tes EFL Mahasiswa ITS

Heni Kartikasari, Ismaini Zain, Kartika Nuswantara
Submission Date: 2014-08-24 10:12:06
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


ITS adalah perguruan tinggi yang mengadopsi model tes TOEFL. Sebagai upaya mengukur keterampilan berbahasa Inggis mahasiswa, ITS mengembangkan tes dengan nama Test of English as a Foreign Language yang disingkat TEFL dan menjadi salah satu persyaratan bagi peserta yudisium atau tugas akhir. Berdasarkan data inventori di UPT Bahasa dan Budaya, untuk mencapai nilai Tes EFL, mahasiswa menempuh beberapa kali tes. Dari kejadian ini, disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan untuk mencapai nilai minimal dengan satu kali tes, sehingga tidak jarang terjadi penundaan yudisium. Di dalam Tes EFL terdapat tiga komponen penilaian yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension dan digunakan sebagai variabel respon. Pada penelitian ini ingin diketahui aktifitas mahasiswa yang terkait dengan bahasa inggris yang berhubungan dengan pencapaian nilai Tes EFL.Hasil penelitian menunjukkan ada dua faktor yang memiliki hubungan kuat pencapaian nilai Tes EFL yaitu Faktor Penilaian Tes EFL dan Riwayat Mengikuti Tes EFL dan ternyata Aktifitas Belajar Bahasa Inggris memiliki hubungan yang lemah pada pencapaian nilai Tes EFL mahasiswa.

 


Keywords


Persyaratan;Regresi Multivariat;Tes EFL

References


Peraturan Akademik. (2009). Peraturan Akademik Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya: ITS Press

Aziz, A. (2012). Metode CHAID Untuk Melihat Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penguasaan Bahasa Inggris Mahasiswa Semester Akhir STIE Swadaya. 34-40.

Marlik. (2009). Pemilihan Model Pada Regresi Multivariat Dengan Menggunakan AIC dan AICc Studi Kasus : Pemodelan Skor TPA dan TOEFL di FMIPA Program Magister Pascasarjana ITS Surabaya. Surabaya: Tesis Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Johnson, R. A., & Wichern, D. W. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis sixth edition. New Jersey: Prentice Hall.

Morrison, D. F. (2005). Multivariate Statistical Methods, fourth edition. The Wharton School University of Pennsylvania.

Rencher, A. C. (2002). Methods of Multivariate Analysis second edition. New York: John Wiley and Sons.

Educational Testing Service. (2014). TOEFL diambil dari ETS: http://www.ets.org dipetik 1 Maret 2014 20.00 WIB.

EF. (2014). English Study-Listening diambil dari http:// www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/listening.aspx dipetik 1 Juni 2014 20.05 WIB.

EF. (2014). Tips Lancar Menulis Dalam Bahasa Inggris diambil dari http://www.ef.co.id/englishfirst/ englishstudy/ bahasa-inggris/tips-lancar-menulis-dalam-bahasa-inggris.aspx dipetik 1 Juni 2014 20.12 WIB

SOON. (2014). How to Improve Your English diambil dari http://www.soon.org.uk/en/english/how-to-improve-your-english.html dipetik 1 Juni 2014 19.24 WIB.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.