Isu Psikologi Sosial pada Konsep Ruang Publik Kontemplatif

Rafif Syafa Yaristyan, Kirami Bararatin
Submission Date: 2022-07-31 20:55:58
Accepted Date: 2023-04-30 00:00:00

Abstract


Jakarta adalah kota yang sangat unik. Kondisi sosio-kultural yang terjadi di kota ini, penuh dengan peristiwa rumit dan bahkan bermasalah. Kumplulan permasalahan ini sangat mempengaruhi masyarakat kota. Mereka terjebak di kota tanpa solusi, tidak memiliki cara untuk melarikan diri. Masyarakat kekurangan waktu, energi, dan ruang untuk berhenti sejenak dan memahami hal-hal yang terjadi di sekitar mereka. Padahal itu semua perlu diaktualisasikan, direnungkan, dan direnungkan. Hal inilah yang disebut sebagai ‘Common Struggle of People of Jakarta’. Dalam ilmu psikologi social, kondisi demikian disebut ‘the Tragedy of the Common’, yang pertama dicetuskan oleh Garret Hardin. Perspektif ini membantu mentranslasikan respon formal arsitektural kepada permasalahan yang ada. Menggunakan pendekatan Concept-based Design, dengan dasar Teori Arsitektur Contextualism dan Teori Process of Discovery terkait kontemplasi. Sehingga menghasilkan rancangan yang dapat merespon isu yang ada, dengan menjadi ruang publik yang berperan sebagai suaka dari kondisi kota. Memungkinkan aktivitas dan eksplorasi mencapai Process of Discovery yang menghasilkan kontemplasi bagi pengguna. Rancangan mengimplementasikan kontemplasi, antusiasme, dan kebebasan ekspresi kolektif masyarakat ke dalam bentuk arsitektural berbentuk ruang publik terbuka.

Keywords


aktivitas; discovery; ruang publik; kontemplasi; tragedy of the commons

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.