Konversi Limbah Baglog Sebagai Kompos pada Tanaman Sawi (Brassica juncea L.)

Triana Qomaria Zahrotunnisa, Maya Shovitri, Nengah Dwianita Kuswytasari
Submission Date: 2022-08-01 14:34:10
Accepted Date: 2023-04-30 00:00:00

Abstract


Meningkatnya budidaya jamur tiram menyebabkan limbah yang dihasilkan juga meningkat. Limbah baglog terdiri dari serbuk gergaji, kapur, dan dedak, sehingga limbah baglog berpotensi sebagai media tumbuh tanaman. Namun perlu dilakukan fermentasi dengan mikroorganisme untuk menurunkan rasio C/N. Selain itu, unsur N, P, dan K juga perlu ditingkatkan dengan menambahkan limbah lumpur pabrik bioethanol, limbah cair pabrik penyedap masakan, dan kotoran ayam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompos limbah baglog dan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau (B. juncea L.) dan nilai N,P,K dalam media tanam baglog. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembuatan MOL dari tempe dengan sumber karbohidrat gula merah, pengomposan baglog, pematangan dalam media tanam, penanaman, pemeliharaan dan panen tanaman sawi (B. juncea), dan analisis NPK. Kemudian, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Analisis of Varians (Anova) satu arah. Hasil dari penelitian ini adalah kombinasi media tanam baglog yang memberikan hasil pertumbuhan terbaik adalah M3 yaitu baglog yang difermentasi dengan MOL tempe, gula merah, limbah lumpur dan kotoran ayam dengan rasio 2:1. Nilai tinggi tanaman pada M3 setelah 30 HST adalah 19,33 cm. Kandungan NPK kompos baglog M3 adalah N 0,86%; P 0,06%; dan K 0,34%. Menurut SNI 19-7030-2004, kandungan N, P, K dalam pupuk kompos yaitu 0,4% N; 0,1% P; dan K 0,2 %.

Keywords


Baglog; Brassica Juncea; Limbah; Media Tanam; MOL

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.