Analisis Faktor dan Pengelompokan Kecamatan berdasarkan Indikator Mutu Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar di Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses pengubahan perilaku seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang memiliki standar dalam proses berjalannya. Disisi lain indikator Standar Nasional Pendidikan yang digunakan di Indonesia terdiri dari lebih dari 50 indikator dan berbentuk multivariat. Oleh karena itu perlu kajian untuk memfaktorkan indikator-indikator tersebut sehingga terbentuk beberapa faktor yang dominan berperan terhadap mutu pendidikan serta perlu dilakukan pengelompokan daerah berdasarkan faktor yang terbentuk guna mengetahui kelompok-kelompok yang diduga memiliki perbedaan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan data profil pendidikan Kabupaten Sidoarjo tahun 2013 dan 2014 dengan metode analisis faktor dan K-Means Cluster. Hasil analisis untuk jenjang sekolah dasar terbentuk tiga faktor dominan. Faktor dominan yang berperan membentuk mutu pendidikan tahun 2013 antara lain kualitas sekolah, jaminan masyarakat, dan umum, sedangkan pada tahun 2014 antara lain kualitas sekolah dan lulusan, standarisasi sekolah, dan umum. Kemudian untuk jenjang sekolah menengah pertama terbentuk empat faktor dominan. Faktor dominan berperan membentuk mutu pendidikan tahun 2013 antara lain pelayanan dan lulusan, standarisasi sekolah, siswa, dan umum, sedangkan pada tahun 2014 antara lain pelayanan dan lulusan, siswa, standarisasi sekolah, dan tenaga pendidik. Penelitian ini menghasilkan pengelompokkan pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah masing-masing terbagi menjadi tiga kelompok dan dua kelompok.