Analisis Perbandingan Klasifikasi dan Penerapan Teknik SMOTE Dalam Imbalanced Data Pada Credit Card Default

St Fatika Nabila Halim, Ulil Azmi
Submission Date: 2023-02-06 21:43:27
Accepted Date: 2023-05-01 00:00:00

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat melahirkan metode pembayaran elektronik, salah satunya adalah kartu kredit. Penggunaan kartu kredit dinilai memudahkan pemilik dalam bertransaksi. Kemudahan itu sering kali disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bijak, yaitu dengan cara belanja kompulsif. Perilaku belanja kompulsif menggunakan kartu kredit dapat berdampak terhadap risiko gagal bayar atau kartu kredit default. kartu kredit default adalah gagal melakukan pembayaran hutang pada tanggal jatuh tempo. Namun, kasus tersebut tidak selamanya terjadi dengan adanya penjagaan ketat dari pihak bank. Oleh karena itu, terjadi ketidakseimbangan data pada data kejadian yang disimpan dalam sistem. Dataset tidak seimbang menyulitkan metode klasifikasi karena hasil klasifikasi akan berfokus pada kelas mayoritas. Kondisi dataset tidak seimbang dapat diatasi dengan salah satu metode oversampling, yaitu Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE). Metode selanjutnya yang digunakan dalam penelitian ini setelah penerapan SMOTE adalah random forest classifier dan extreme gradient boosting (XGBOOST). Metode random forest mendapatkan nilai AUC yang meningkat 4,29% dari 58,73% menjadi 63,02%. Sementara metode XGBOOST mendapatkan nilai AUC yang juga meningkat 14,78% dari 58,00% menjadi 72,78%. Penentuan metode terbaik dilihat dari nilai AUC yang dihasilkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode XGBOOST adalah metode terbaik dibandingkan dengan random forest karena memiliki nilai AUC yang lebih tinggi.

Keywords


credit card default; imbalanced dataset; SMOTE; Random Forest; XGBOOST

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.