Perancangan Aset Visual Mobile Game Bertema Jajanan Pasar Surabaya
Abstract
Industri game development di Indonesia menunjukkan perkembangan yang positif. Salah satu judul game yang mengangkat tema kuliner berhasil memasuki peringkat 10 besar di Indonesia. Dengan melihat kesuksesan game dengan tema kuliner tersebut, maka hal ini tentu memberikan peluang yang baik untuk mengangkat kuliner indonesia ke dalam mobile game, khususnya jajanan pasar. Metode yang dilakukan dalam peracangan ini meliputi wawancara mendalam pada praktisi yang sedang mengembangkan mobile game untuk mengetahui bagaimana cara merancanga mobile game, observasi lapangan dan riset visual terhadap jajanan pasar untuk menganalisis ciri khas jajanan pasar.
Hasil dari perancangan ini adalah sebuah mobile game yang mengangkat jajanan pasar sebagai karakter yang hidup, desain environment, gameplay dan desain antar muka. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil post test adalah mayoritas pemain menikmati keseluruhan isi dari mobile game ini, namun untuk beberapa pemain masih kesulitan untuk mengenali jajanan pasar yang ada di dalam game ini dikarenakan pengetahuan tentang jajanan pasar yang terbatas.