Aplikasi Konsep Edutech Atraktif pada Desain Interior Ruang Koleksi Umum Perpustakaan Grhatama Pustaka

Nadia Amalia, Okta Putra Setio Ardianto
Submission Date: 2023-08-04 13:21:26
Accepted Date: 2025-04-28 00:00:00

Abstract


Pendidikan merupakan Hak untuk setiap manusia. Faktor rendahnya kualitas pendidikan di indonesia salah satunya dikarenakan minat literasi yang rendah di masyarakat, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019, Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara. Indonesia merupakan 10 negara terbawah yang memiliki literasi rendah. Masyarakat dengan literasi rendah pada umumnya jarang membaca esensi dari suatu bacaan / berita, dimana Sebagian besar masyarakat hanya menyimpulkan informasi melalui headline atau Thumbnail saja, hal ini dapat juga di lihat dari penyebaran hoax yang cukup marak pada era digital ini. dilansir dari Kominfo terdapat kurang lebih 800 ribu situs hoax yang tersebar di Indonesia pada 2017, hal ini menjadi bukti bahwa upaya meningkatkan literasi yang rendah di indonesia merupakan urgensi yang sangat penting. Perpustakaan Grhatama Pustaka terletak di daerah yang dikenal sebagai kota pelajar, yang sekaligus dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Jogjakarta, Sering kali perpustkaan ini menjadi tujuan wisata lembaga pendidikan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Ditunjang dari data yang ada, pengunjung didomoniasi dari kalangan pelajar, namun kodisi eksisting ruang koleksi umum masih cenderung kaku, rak buku kurang ergonomis dan signage yang terkesan lawas sehingga kurang relevan dan menarik untuk generasi yang didominasi oleh kelompok usia pelajar.perancangan perpustakaan ini dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking sehingga tercipta Konsep Edutech Atraktif dihadirkan sebagai upaya keselarasan antara nilai literasi pengetahuan yang akan disampaikan melalui ruang koleksi umum, agar dapat lebih mudah diterima dan menarik bagi kelompok usia pelajar. Melalui konsep Edutech Atraktif, pengunjung merasakan nuansa teknologi Edukatif yang diselaraskan dengan nuansa desain interior terintegrasi pada teknologi pintar dan furnitur inovatif atraktif yang dapat memberikan pengalaman baru agar terciptanya keinginan eksploratif pengunjung demi meningkatnya minat literasi pada kalangan usia pelajar dengan kecenderungan dekat dengan teknologi, empati tinggi, eksplorasi tinggi dan praktis.

Keywords


Perpustakaan Grhatama; Desain Interior futurisik; Atraktif

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.