Desain Serial Sepatu Basket Streetball Bercirikan Indonesia

Devido Prasetya Gumelar Alam Winoto
Submission Date: 2016-01-28 13:20:02
Accepted Date: 2016-03-20 00:41:08

Abstract


Dewasa ini perkembangan Streetball di tanah air cukup pesat, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya komunitas yang ada. Streetball adalah pengembangan dari olahraga basket dimana kelincahan pergerakan pemain dan unsur keindahan dalam mengolah bola merupakan hal yang ditonjolkan. Oleh karena itu diperlukan adanya desain sepatu khusus yang dapat menunjang pergerakan para pemain serta mampu melindungi mereka dari ancaman cedera. Sayangnya, walaupun perkembangan streetball di tanah air cukup pesat, perkembangan desain sepatu tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari masih digunakannya sepatu-sepatu basket konvensional yang belum tentu dapat menunjang kebutuhan pemain streetball. Salah satu masalah yang ada pada sepatu basket adalah tidak adanya outsole yang dapat menunjang kebutuhan setiap posisi pemain streetball. Selain itu, belum adanya desain sepatu streetball yang mampu mengimplementasikan identitas khas Indonesia ke dalam dunia streetball. Oleh karena itu perlu dilakukannya riset ulang mengenai masalah outsole, ergonomi sepatu, dan ciri khas Indonesia. Untuk mengimplementasikan ciri khas Indonesia ke dalam desain sepatu diperlukan analisa bentuk dan estetika, yaitu dengan mengambil pattern surya majapahit. Untuk menentukan desain outsole yang dapat menunjang kebutuhan aktivitas setiap posisi pemain streetball, diperlukannya analisa ergonomic dan anthropometri yang meliputi bagian kaki dan pattern pada outsole. Setelah dilakukannya riset mengenai desain sepatu streetball, diharapkan mampu memberikan desain sepatu yang nyaman sesuai ergonomic kaki user, dengan ciri khas Indonesia, dan outsole yang sesuai dengan aktivitas setiap posisi pemain streetball.

Kata Kunci— Ergonomis, Khas Indonesia, Sepatu Basket, Streetball.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.