Pengukuran Tingkat Efisiensi Pelayanan Unit Hemodialisis di Rumah Sakit H1 dan H2

Riza Ayu Alchusna, Destri Susilaningrum
Submission Date: 2013-02-19 09:06:42
Accepted Date: 2013-03-01 00:00:00

Abstract


Unit hemodialisis merupakan salah satu bagian bentuk layanan kesehatan dari suatu rumah sakit yang mahal dan sangat penting khususnya bagi pasien penderita penyakit gagal ginjal. Ketika fasilitas yang tersedia terbatas sedangkan jumlah pasien terus meningkat maka penilaian efisiensi suatu unit hemodialisis sangat penting untuk peningkatan kinerja rumah sakit sebagai penyedia jasa layanan kesehatan bagi masyarakat. Dikenal ada metode Data Envelopment Analysis (DEA) yang digunakan dalam pengukuran efisiensi suatu unit. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran tingkat efisiensi pelayanan unit hemodialisis menggunakan DEA-BCC yang berorientasi output. Data yang digunakan adalah data sekunder dari RS H1 dan RS H2, meliputi nilai rata-rata jumlah perawat di unit hemodialisis per bulan, nilai rata-rata jumlah mesin dialisis per bulan, dan nilai rata-rata jumlah tindakan hemodialisis per bulan pada tahun 2010 dan 2011. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan DEA-BCC, tingkat efisiensi pelayanan Unit Hemodialisis di RS H1 pada tahun 2010, RS H1 pada tahun 2011, RS H2 pada tahun 2010 dan RS H2 pada tahun 2011 berturut-turut sebesar 100%, 79.11%, 100%, dan 100%. Selain itu juga dilakukan pemeringkatan menggunakan model super-efficiency dan dihasilkan peringkat pertama adalah RS H2 pada tahun 2010, selanjutnya diikuti RS H1 pada tahun 2010, kemudian RS H2 pada tahun 2011, dan yang terakhir adalah RS H1 tahun 2011.

Keywords


Data Envelopment Analysis; DEA; DEA-BCC orientasi output; efisiensi; unit hemodialisis; super-efficiency

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.