Perancangan Buku Visual Eksplorasi Motif Batik Ponorogoan sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Daerah

Dhamar Mawardhi, Senja Aprela Agustin
Submission Date: 2018-08-03 16:01:29
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Perkembangan batik printing membuat batik Ponorogo pada awal abad ke-20 kalah bersaing di pasaran sehingga saat ini hanya terdapat dua ornamen utama dalam batik Ponorogo, yaitu merak dan reyog. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreatifitas pengrajin untuk mengembangkan motif batik Ponorogo. Sehingga dibutuhkanlah sebuah media yang bisa memberikan informasi bagi pengrajin batik Ponorogo dan generasi penerusnya untuk mengembangkan motif batik Ponorogo. Perancangan buku visual ini menggunakan beberapa metode penelitian diantaranya observasi langsung, kuisioner, wawancara mendalam, visual exploration, expert review, studi eksisting dan literatur. Data yang didapat kemudian diformulasikan untuk mendapatkan sebuah konsep desain dan konten buku yang sesuai. Konsep perancangan ini adalah “Heritage Rough Forms” yang dapat bermakna pencarian motif baru yang diambil dari potensi heritage Ponorogo yang dikombinasikan dengan komponen dari motif batik klasik Ponorogo. Hasil luaran dari penelitian ini adalah sebuah buku visual yang berisi informasi sekilas tentang batik pada umumnya, batik Ponorogo pada khususnya dan hasil eksplorasi motif baru batik Ponorogo yang telah dibuat. Penggunaan batik klasik Ponorogo bertujuan untuk memperkuat identitas motif khas batik Ponorogo. Buku visual ini dilengkapi dengan hasil fotografi dan proses desain eksplorasi motif batik Ponorogo yang telah dibuat sehingga dapat memberikan informasi sebagai sarana referensi tentang batik Ponorogo sebagai upaya melestarikan warisan budaya daerah.

Keywords


Eksplorasi Motif; Batik Ponorogo; Buku Visual

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.