Desain Food Truck Zangrandi Sebagai Sarana Pendukung Media Promosi Untuk Kawasan Food Truck Area di Surabaya

Burhanuddin Burhanuddin, Andhika Estiyono
Submission Date: 2018-08-03 20:52:27
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Perancangan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kompetitor brand luar dalam kategori makanan dan minuman, sub-kategori toko es krim, berdasarkan sumber dari daftar Top Brand Index 2016 fase 2 dengan urutan Baskin Robbins 23,1%, Zangrandi 7,8%, Fountain 7,4%, ragusa 3,2%, Haagen-Dasz 3,0%. Gencarnya pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor mengakibatkan penurunan TBI ( Top Brand Index) sebesar 2-7% tiap tahunnya dari awal tahun 2012 yang mengakibatkan turunnya minat terhadap brand lokal terutama Zangrandi yang berpusat di Jl. Yos Sudarso, Surabaya. Disertai dengan makin maraknya media promosi dengan sistem mobile, sebagai selling channel yang mulai banyak diminati saat ini yaitu food truck, yang memiliki area khusus tersebar dibeberapa pusat keramaian di Kota Surabaya. Zangrandi memerlukan sebuah rancangan food truck sebagai strategi media promosi dan pemasaran dalam merebut peluang pasar toko es krim di area Surabaya dan beberapa cabangnya yang tersebar di kota-kota besar. Tujuan perancangan ini untuk mendesain food truck Zangrandi sebagai media promosi dan optimalisasi distribusi produknya serta memecahkan permasalahan-permasalahan nyata yang ditemukan dalam perancangan visual promosi sebuah usaha food truck. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan melakukan deep interview dengan pengelola serta pendekatan ergonomi dan antropometri. Penulis juga ikut terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui suasana yang sebenarnya. Hasil dari perancangan ini berupa desain food truck Zangrandi dengan konsep yang mempertahankan kesan klasik tempo dulu dan konfigurasi kabin pada interior platform untuk menunjang aktifitas operator serta sebagai media promosi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dari Zangrandi.

Keywords


Food Truck; Media Promosi ; Zangrandi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.