Perancangan Komik Digital "Pangeran Diponegoro" sebagai Media Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional

Kirana Dyah Chita Insani, Rabendra Yudistira Alamin
Submission Date: 2019-07-27 18:01:24
Accepted Date: 2020-01-20 00:00:00

Abstract


Meningkatnya minat masyarakat (utamanya generasi muda) terhadap komik digital dapat menciptakan peluang baru untuk penyampaian kisah pahlawan nasional dengan metode storytelling berbentuk ilustrasi dalam sebuah media platform digital. Di sisi lain, kisah Pangeran Diponegoro dalam pelajaran sejarah seringkali hanya terbatas pada buku cetak dan pada mata pelajaran ini juga masih minim media interaktif yang mampu mengakomodasi siswa-siswi SMA yang membutuhkan dorongan atau stimulasi visual untuk mendalami subyek tersebut. Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dimana metode pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali informasi terkait dengan tokoh pahlawan Pangeran Diponegoro sebagai subyek perancangan utama. Yang dilakukan adalah wawancara mendalam kepada pelaku yang meneliti langsung sosok Pangeran Diponegoro dan analisa artefak sebagai sumber referensi visual. Penelitian dalam bentuk kuantitatif juga dilakukan dalam bentuk kuisioner untuk mendapatkan data tentang kebiasaan dan preferensi konsumen terhadap komik digital. Hasil penelitian ini kemudian diformulasikan dalam konsep penceritaan “Sinau Gawe Dolan, Dolan Gawe Paham” dari sumber literasi biografi Pangeran Diponegoro yang diterjemahkan menjadi genre aksi, drama, infografis dan flashback. Media komik digital yang diciptakan merupakan sebuah visual dengan gaya gambar manga/manhwa dengan stilasi yang cenderung sederhana sesuai dengan target pembaca yaitu pasar komik digital webtoon. Gaya gambar jenis ini pun digunakan oleh kreator-kreator lain sebagai sarana pendekatan secara visual kepada target remaja-dewasa utamanya SMA. Fokus pembahasan dari komik ini adalah pada penyampaian nilai karakter heroik dari Diponegoro yaitu berani, berhati mulia, kuat, rela berkorban dan pekerja keras di dalam komik.


Keywords


Anak Muda; Komik Digital; Pangeran Diponegoro; Pengenalan Sejarah

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.