Perancangan Serial Animasi Tentang Kehidupan Nabi Khidir

Taufiq Aji Permana, Raditya Eka Rizkiantono
Submission Date: 2019-07-28 08:46:06
Accepted Date: 2020-01-20 00:00:00

Abstract


Nabi Khidir ialah seorang nabi pada masa lampau yang diyakini memiliki umur panjang. Nabi Khidir bukanlah seorang rasul, sehingga ia tidak termasuk dalam 25 nabi dan rasul. Khidir merupakan guru dari Nabi Musa, dan kisah ini tercantum dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 65-82. Selain kisahnya yang menjadi guru Nabi Musa, tidak ada lagi cerita yang jelas mengenai kehidupan Nabi Khidir. Asal-usul kelahirannya, bagaimana ia mendapatkan umur panjang, dan kisah-kisah yang lainnya, masih menjadi misteri. Para ulama telah banyak yang memberikan tafsir berbeda-beda tentang kehidupan Nabi Khidir, namun kebenarannya tidak dapat dipastikan. Hal inilah yang menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat mengenai Nabi Khidir. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menayangkan sebuah media yang mengupas kisah-kisah kehidupan Nabi Khidir yang misterius tersebut, dan mengomunikasikannya ke masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan metode perancangan studi literatur terhadap tafsir-tafsir yang sudah ada, kemudian dilakukan wawancara dengan ahli film tentang bagaimana mengomunikasikan hal tersebut dalam sebuah film, sehingga menjadi film yang menarik, tidak terlalu berat, dan disukai oleh penonton. Untuk mengetahui bagaimana film yang baik tersebut, perlu juga adanya studi kompetitor dan komparator, sehingga dapat mengetahui apa saja film sejenis yang telah sukses dalam menangkap perhatian penonton. Hasil akhir dari perancangan ini ialah serial animasi tentang Nabi Khidir dengan konsep “Adaptasi Hadits agar Mudah Dipahami”. Diharapkan serial animasi ini dapat mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kisah-kisah Khidir kepada masyarakat umum terutama generasi muda usia 15-18 tahun.

Keywords


Kehidupan; Khidir; Misteri; Mukjizat; Serial Animasi

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.