Perancangan Komik Interaktif sebagai Media Edukasi untuk Mengantisipasi Orang dengan Demensia Alzheimer

Ivanya Winoto, Rabendra Yudistira Alamin
Submission Date: 2019-07-28 20:44:41
Accepted Date: 2020-01-21 00:00:00

Abstract


Kebanyakan orang yang berusia lanjut mulai kehilangan kemampuan mengingatnya, yang dikenal dengan istilah Demensia. Demensia sendiri memiliki lingkup yang luas dan terbagi lagi menjadi beberapa penyakit, salah satunya adalah Alzheimer’s Disease atau penyakit Alzheimer. Kebanyakan ODD (Orang Dengan Demensia) kemudian dirawat di rumah dengan keluarganya yang bertindak sebagai caregiver. Saat ini, sumber-sumber informasi yang ada masih tidak terlalu banyak sehingga para caregiver tidak dapat mempelajari cara menghadapi ODD dengan optimal. Komik interaktif sebagai media edukasi dalam mengantisipasi ODD Alzheimer agar dapat membantu para caregiver mempelajari cara yang tepat dalam mengantisipasi ODD dengan cara yang mudah dimengerti. Komik interaktif menjadi media yang dipilih karena cerita disertai gambar-gambar dapat menjelaskan kejadian-kejadian dan informasi yang ada secara komprehensif serta penceritaan yang lebih efektif. Untuk tujuan tersebut, dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode riset seperti kuesioner, in-depth interview dengan psikiater dan caregiver, studi literatur, dan studi eksperimental untuk segi visual. Hasil analisis data dari beberapa metode tersebut digunakan pada proses pembuatan konsep desain. Hasil perancangan yang dihasilkan berupa aplikasi smartphone android yang berisi 4 chapter yang memberikan informasi edukasi Alzheimer tahap awal, sedang, dan akhir, serta informasi perawatan diri untuk caregiver. Informasi tersebut bertujuan untuk membantu pembaca menjadi aware akan gejala-gejala Penyakit Alzheimer dan dapat mengantisipasi penurunan kondisi seorang ODD Alzheimer dengan optimal.


Keywords


Edukasi; Komik Interaktif; Alzheimer; Caregiver

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.