Media Tanam Akuaponik Dalam Ruang

Tahta Syajar Assaffah, Primaditya Primaditya
Submission Date: 2020-01-31 17:34:26
Accepted Date: 2020-09-01 00:00:00

Abstract


Pertanian urban telah menjadi tren yang mendukung gaya hidup dan lingkungan yang sehat didalam masyarakat perkotaan dimasa kini. Keterbatasan lahan pada masyarakat perkotaan merupakan salah satu dorongan untuk dilakukannya kegiatan tersebut. Salah satu cabang dari pertanian urban adalah akuaponik. Akuaponik memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah sirkulasi nutrisi organik yang dihasilkan oleh kotoran ikan sehingga kebutuhan nutrisi untuk tanaman dapat terpenuhi secara organik. Sistem akuaponik dapat bekerja dengan baik apabila tangki, biofilter, dan wadah tanaman dapat terkonfigurasi dengan baik dan seimbang. Berdasarkan produk yang muncul dipasaran, produk tersebut masih membutuhkan lahan luar rumah dalam memenuhi asupan cahaya pada tanaman. Selain itu bentuk produk dan material yang digunakan pada umumnya belum terlihat estetik. Hal ini seringkali terjadi kesulitan dalam peletakkan produk terutama pada pengguna yang ingin menjaga keindahan dalam rumah. Pengoptimalan perlu dilakukan terhadap unit akuaponik tanpa mengurangi fungsi sistem dan estetika pada ruang. Metode yang dilakukan dalam penilitian ini meliputi analisis kegiatan yang dimulai dari penyemaian sampai transplantasi tanaman untuk mendapatkan design requirement dan ide produk yang tepat. Kemudian tahap berikutnya ialah menyelaraskan bentuk produk dengan persona dan gaya ruang pengguna. Perancangan desain media tanam akuaponik dalam ruang ini mengaplikasikan teknologi yang mendukung kebutuhan pertumbuhan tanaman sehingga pengguna dapat terfasilitasi dengan baik. Selain itu media tanam akuaponik dirancang sebagai dekorasi ruang yang saling berintegrasi satu sama lain pada sistem dan memiliki karakter material yang mendukung estetika gaya ruang pengguna.

Keywords


akuaponik; berkelanjutan; dekorasi; modular; pertanian kota

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.