Perancangan Karakter dan Environment Pilot Project Serial Animasi “Imajinavis”

Abdul Manan Heru Setiawan, Sayatman Sayatman, Didit Prasetyo
Submission Date: 2020-02-05 10:54:44
Accepted Date: 2020-09-01 00:00:00

Abstract


Pengembangan imajinasi dan kreativitas anak merupakan hal yang sangat penting. Kedua hal tersebut membantu anak dalam menciptakan solusi dan peluang bagi permasalahan yang ditemui sehari-hari. Film animasi yang baik dapat mengajarkan bagaimana berlaku sosial, bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan, manajemen resiko, dan dapat mengajarkan anak untuk menyukai sesuatu yang positif. Film anak-anak yang memuat konten positif juga cenderung meningkatkan permainan imajinasi dan menjadi guru yang baik bagi anak. Penulis dalam perancangan ini mengerjakan sebuah pilot project serial animasi berjudul “Imajinavis”. Serial animasi ini menceritakan tentang kehidupan anak yang berpetualang dengan imajinasinya. Animasi ini ditujukan untuk konsumen usia 6-9 tahun sehingga permasalahan yang dihadapi oleh karakter utama adalah permasalahan sehari-hari. Pengerjaan animasi ini membutuhkan rancangan karakter dan environment yang menarik agar konten cerita dan contoh pemecahan masalah dapat dengan mudah diterima anak-anak. Karena itu dibutuhkan “Perancangan Karakter dan Environment Pilot Project Serial Animasi ‘Imajinavis’” untuk memenuhi kebutuhan produksi serial animasi tersebut. Metode yang digunakan adalah studi literatur, existing, dan observasi untuk menemukan konsep awal rancangan karakter dan environment. Kemudian melakukan beberapa tahap studi eksperimental diikuti dengan in-depth interview untuk menentukan bentuk visual aset sehingga dihasilkan purwarupa rancangan karakter dan environment. Luaran yang dihasilkan berupa rancangan karakter yang memuat: sketsa, model 3D, dan pratayang ekspresi karakter; dan rancangan environment berupa: sketsa dan model 3D.

Keywords


Animasi; Desain Environment; Desain Karakter; Imajinasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.