Redesain Interior Fasilitas Pelayanan Administrasi Umum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Berkonsep Modern Natural dengan Penerapan Nilai-Nilai Kristiani

Audrey Vanessa, Lea Kristina Anggraeni
Submission Date: 2020-08-22 14:07:44
Accepted Date: 2021-03-24 11:42:06

Abstract


Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta Kristen dalam eksistensinya sebagai lembaga institusi pendidikan selalu menjaga kualitas dan pelayanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa, para orangtua, hingga masyarakat umum. Salah satu alasan calon mahasiswa dalam memilih kampus yaitu faktor fisik bangunan serta fasilitas sarana dan prasarananya. Fenomena ini menjadi dasar bagi UKI untuk mendesain ulang interior pada sarana dan prasarana fasilitas pelayanan administasi umum, untuk menunjang aktifitas sivitas akademik. Desain interior pada pelayanan administrasi umum, meliputi tiga ruang terpilih, yaitu lobi utama, ruang seminar, serta information office. Konsep desain interior yang dapat menyelaraskan visi dan misi UKI, dengan menerapkan nilai-nilai kristiani dalam langgam modern natural. Konsep desain diperoleh berdasarkan metodologi desain yang meliputi tahapan pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan pembuatan desain. Nilai-nilai kristiani muncul dalam filosofi melayani dan menunjang kegiatan sivitas akademik UKI. Simbol-simbol kristiani yang digunakan adalah simbol salib dan burung merpati, juga menggunakan kutipan-kutipan rohani yang dapat memotivasi pembacanya. Nilai-nilai dan simbol-simbol kristiani diterapkan dalam desain yang dapat dinikmati oleh semua kalangan di sivitas akademik UKI, yang terdiri dari multikultural, agama dan suku. Konsep yang digunakan adalah transformasi bentuk. Transformasi bentuk diatas diterapkan pada elemen lantai, dinding, plafon, furnitur dan elemen estetis. Transformasi bentuk nilai dan simbol kristiani memberikan tampilan desain yang modern, dan dapat selaras dengan langgam natural. Sehingga tercapai suasana interior yang ramah, hangat, dan nyaman. Suasana tersebut diharapkan mampu memberikan rasa senang dan motivasi dalam belajar dan beraktifitas di lingkungan Kampus UKI.

Keywords


Modern; Natural; Nilai-Nilai Kristiani; Simbol Kristiani; Transformasi Bentuk.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.