Redesain Interior Oura Cafe Malang Berlanggam Natural Minimalis dengan Mengoptimalkan Ruang Usaha

Hilmy Rasyad, Lea Kristina Anggraeni
Submission Date: 2020-08-24 15:02:38
Accepted Date: 2021-03-24 11:51:42

Abstract


Bisnis kuliner di kota Malang berkembang cukup besar, mulai dari warung kopi, angkringan, café, hingga restoran. Salah satunya adalah Oura café, cafe yang diperuntukan bagi kalangan muda hingga keluarga, dengan menu makanan ringan hingga makanan berat. Lokasi Oura café sangat strategis, berada di kawasan perumahan menengah keatas, kawasan pendidikan dan perkantoran. Disekitar Oura café juga banyak café dengan pangsa pasar yang sama. Hal ini mengakibatkan persaingan bisnis kuliner di kawasan tersebut cukup tinggi. Oura café memiliki lahan yang masih belum terpakai secara optimal. Salah satu usaha Oura café untuk memenangkan persaingan bisnis kuliner ini selain citarasa makanan juga mempertimbangkan suasan dan fasilitas yang disediakan café bagi pengunjungnya. Solusi desain untuk membangun suasana dan karakter Oura café, dengan meredesain interior eksisting yang ada dan mengoptimalkan ruang dan lahan pada eksisting. Berdasarkan permasalahan diatas, penelitian berdasarkan observasi, kuesioner, dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan data yang dapat dijadikan acuan untuk redesain Oura Café dalam menghadapi persaingan di bidang kuliner, Penambahan fasilitas pada Oura café, didasarkan pada observasi dan fenomena tren yang ada di Kota Malang. Fasilitas yang ditambahkan pada Oura café didesain dengan mengoptimalkan lahan yang ada dengan menyediakan fasilitas yang bersifat multifungsi yang banyak dibutuhkan oleh pengunjung sekitar Oura café, dengan menerapkan langgam natural minimalis. Fasilitas penunjang yang diterapkan antara lain co-working space yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul komunitas, baik untuk berdiskusi atau membuat event khusus. Penambahan ruang private untuk mengadakan kegiatan pesta yang sering diadakan oleh pengunjung café sehingga dapat mengurangi kebisingan kepada pengunjung lainnya. Penambahan outdoor café pada rooftop lantai dua, yang dapat difungsikan sebagai tempat kursus yoga yang juga sedang tren di kota Malang. Sebagai bangunan komersial public, maka desain pada Oura café mempertimbangkan estetika pada setiap sudut ruangnya, untuk memberikan pengalaman baru di café sekaligus sebagai pembeda dari café sejenis di sekitarnya.

Keywords


Cafe; Minimalis; Natural.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.