Redesain Interior Showroom Toyota Auto2000 Samarinda Berkonsep Eco Design dengan Display Produk yang Interaktif

Nindy Ramastika Lestari, Budiono Budiono
Submission Date: 2020-08-25 20:55:53
Accepted Date: 2021-04-13 10:13:33

Abstract


Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif paling berpotensi di dunia. Ketertarikan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan tentunya menimbulkan persaingan yang ketat antara merek kendaraan yang telah beredar di pasaran. Keberadaan showroom bagi para produsen otomotif merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk memamerkan produk dengan lebih informatif. Display akan sangat mempengaruhi minat pelanggan untuk membeli produk tersebut. Display produk yang interaktif menjadi salah satu daya tarik masyarakat terhadap kemajuan di bidang teknologi yang semakin canggih. Salah satu produsen otomotif, Toyota, terus melakukan inovasi dalam menghadirkan showroom yang optimal dan dapat memberi jawaban atas kebutuhan masyarakat. Samarinda merupakan kota perdagangan dimana kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan cukup tinggi sehingga keberadaan showroom pada kantor Toyota Auto2000 Samarinda sangat dibutuhkan guna menunjang angka penjualan kendaraan merek Toyota di Kalimantan Timur. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah didapatkan melalui observasi kondisi eksisting saat ini dan berbagai literatur studi terkait, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan guna meningkatkan kualitas dan citra brand Toyota seperti suasana interior serta fasilitas penunjangnya. Dan dari data tersebut diperoleh hasil konsep perancangan berupa konsep interior eco design yang menerapkan display yang interaktif pada produknya. Konsep eco design merupakan representasi dari perusahaan Toyota yang ramah lingkungan, sehingga penggunaan material alternatif dan tahan lama dapat meminimalisir pemanfaatan sumber daya. Untuk memperkuat kesan corporate identity, bentuk transformasi produk dan atribut perusahaan juga akan diterapkan guna memberikan pengalaman interior bagi pelanggan. Sedangkan display produk yang interaktif diharapkan mampu menyampaikan informasi lebih jelas mengenai detail produk yang dipamerkan melalui pemanfaatan teknologi. Dengan memberikan fasilitas interior yang menarik dan memiliki nilai guna, maka dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan serta menunjang kegiatan jual-beli.

Keywords


Display; Eco Design; Interactive; Showroom; Toyota.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.