Perancangan Desain Antarmuka Kios Digital Kesehatan Kardiovaskular sebagai Sarana Penunjang Edukatif Poliklinik Gedung Pusat Pelayanan Jantung Terpadu Surabaya

Hirzi Aulia Zaky, Denny Indrayana Setyadi
Submission Date: 2020-08-26 10:31:19
Accepted Date: 2021-03-23 11:25:57

Abstract


Tugas akhir ini membahas perancangan media edukasi kesehatan kardiovaskular pada ruang tunggu Poliklinik Gedung PPJT. Edukasi kesehatan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan kardiovaskular. Media edukasi kesehatan kardiovaskuler yang ada menggunakan bahasa dan visual yang tidak mudah dicerna sehingga pesan yang dibuat tidak tersampaikan kepada target yang dituju. Dengan demikian diperlukan peningkatan nilai dan fungsi edukasi kesehatan kardiovaskular dengan pendekatan yang lebih persuasif melalui inovasi dalam bentuk media penyampaian edukasi kesehatan kardiovaskular. Metode penelitian yang digunakan pada tugas akhir ini adalah observasi dan wawancara mendalam kepada pihak pengelola Gedung PPJT guna mengetahui kebutuhan program kerja yang diusung serta kebutuhan pasien yang menunggu di ruang tunggu. Perancang juga menggunakan teknik persona dalam upaya mengerucutkan target audiens sehingga luaran yang dihasilkan tepat guna dan user journey map guna mendapatkan perspektif pasien dalam menggunakan fasilitas Poliklinik Gedung PPJT. Konten edukasi yang dimunculkan dibatasi pada pengetahuan dasar tentang penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, dan tekanan darah tinggi serta pencegahannya secara umum. Hasil dari perancangan ini adalah purwarupa desain antarmuka kios digital interaktif kesehatan kardiovaskular dengan konsep “Your Heart Matters”. Kios digital interaktif ini menggunakan ilustrasi dan animasi yang interaktif sebagai sarana utama penyampaian edukasi kesehatan kardiovaskular dan bahasa Indonesia formal yang mudah dicerna. Sehingga diharapkan, dengan adanya kios digital ini, pasien dapat memahami kesehatan kardiovaskular secara lebih mudah dan menjadi salah satu kegiatan edukatif yang dapat ditawarkan kepada pasien ketika menunggu di ruang tunggu Poliklinik Gedung PPJT.

Keywords


Kios Digital; Interaktif; Kardiovaskular.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.