Perancangan Kampanye Media Sosial Instagram ‘Youthoffers’ sebagai Channel Informasi Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Indonesia

Bella Citra Hadini, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2020-08-28 13:46:49
Accepted Date: 2021-03-23 11:12:13

Abstract


Berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis pada Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak informasi beasiswa yang tidak akurat dan desainnya kurang menarik. Untuk membantu mahasiswa mendapatkan informasi beasiswa yang kredibel dan tata cara mendaftar beasiswa yang baik dan benar, maka dirancanglah sebuah kampanye sosial media Instagram Youthoffers sebagai channel beasiswa yang terpercaya untuk mahasiswa. Tujuan perancangan ini adalah mengkaji permasalahan mahasiswa dalam mendapatkan beasiswa, serta menemukan materi yang sesuai dan pantas untuk dijadikan bahan kampanye. Metode penelitian dilakukan dengan cara studi eksisting video dan aplikasi beasiswa, depth Interview kepada ahli media dan digital marketing, stakeholder penyedia beasiswa YLI dan user untuk mendapatkan masukan tentang konsep karya dan pesan utama yang dibutuhkan. Kuisener online diisi oleh 203 pemuda dari >15 Kota di Indonesia untuk mengetahui inti masalah, preferensi media serta insight dalam pembuatan pesan kampanye yang efektif. Kampanye sosial media ini meliputi pembuatan 4 episode video motion grafis, 15 poster acara online, 12 podcast, 5 Ig live dan poster daily post yang jadwal pengunggahannya ditentukan dalam tenggat waktu tertentu. Dari hasil post-test terhadap karya melalui Insight Instagram, selama kurun waktu tiga bulan Instagram Youthoffers berhasil mendapatkan tambahan >5000 followers dengan profile visit rata-rata 7800 akun per dua minggu, 80-400 jumlah saved dan 4000 impression pada setiap post.

Keywords


Beasiswa; Kampanye; Mahasiswa; Sosial Media.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.