Implementasi Market Basket Analysis terhadap Strategi Pemasaran Produk: Studi Kasus PT. Petrokimia Gresik

Anindya Hayu Widyadhini, Berto Mulia Wibawa, Dewie Saktia Ardiantoro
Submission Date: 2021-03-02 20:51:40
Accepted Date: 2021-08-16 13:37:14

Abstract


PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan pupuk di Indonesia yang sebagian besar penjualan masih mengandalkan sektor pupuk subsidi. Namun, pada tahun 2019, pemerintah mulai mengurangi alokasi pupuk subsidi sehingga PT Petrokimia Gresik harus mempersiapkan strategi pemasaran baru untuk meningkatkan penjualan pupuk non-subsidi. Melihat kebutuhan pupuk yang beraneka ragam di Indonesia, maka salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu menganalisis pola pembelian pelanggan dengan metode Market Basket Analysis (MBA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pupuk apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh petani sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi perusahaan mengenai kombinasi pupuk yang difokuskan untuk pengembangan pasar pupuk non-subsidi melalui strategi STP dan marketing mix dengan melakukan analisis 4C-Diamond sebagai dasar perumusan strategi. Data diperoleh dari akses data internal perusahaan dan in-depth semi-structured interview. Hasil penelitian mengungkapkan kombinasi pupuk yang dibeli secara bersamaan oleh petani yaitu Urea, NPK Phonska, dan Petroganik. Dari hasil temuan tersebut, PT Petrokimia Gresik dapat melakukan product bundling, menata layout produk, menetapkan harga yang kompetitif, meningkatkan kapasitas produksi dan target penjualan, serta memilih distributor yang potensial dan penyedia bahan baku yang paling kompetitif untuk meningkatkan penjualan pupuk non-subsidi.

Keywords


Analisis 4C-Diamond; Market Basket Analysis; Marketing Mix; Pupuk Subsidi; Strategi STP.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.