Analisis Tabulasi Silang pada Penggunaan Selebriti Endorser Internasional: Studi Kasus pada Nu Green Tea Indonesia

I Gusti Agung Ayu Dinda Pramesthi Putri, Satria Fadil Persada, Bahalwan Apriyansyah
Submission Date: 2021-03-03 08:16:34
Accepted Date: 2021-08-16 13:38:12

Abstract


Meningkatnya permintaan di pasar sektor industri makanan dan minuman mengakibatkan kompetisi dalam industri tersebut meningkat dan perusahaan gencar dalam mencari dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu tren dalam strategi pemasaran kini di Indonesia untuk mempromosikan merek adalah dengan menggunakan selebriti endorser internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pengaruh penggunaan selebriti endorser internasional terhadap minat beli konsumen dengan menggunakan Nu Green Tea sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif demografi dan crosstab. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 385 responden. Temuan pada analisis demografi yakni mayoritas dari pengonsumsi Nu Green Tea adalah perempuan dengan rentang usia 18 – 20 tahun berdomisili di Pulau Jawa. Sedangkan temuan analisis crosstab adalah seluruh responden setuju bahwa selebriti endorser internasional mempengaruhi minat beli, meskipun terdapat perbedaan pada frekuensi konsumsi dan motivasi pembelian. Terdapat implikasi manajerial yang dapat diimplementasikan pihak perusahaan pengguna selebriti endorser internasional dengan tujuan meningkatkan minat beli dari konsumen.

Keywords


Analisis Crosstab; Minat Beli; Nu Green Tea; Selebriti Endorser.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.