Pengaruh Persepsi Pelanggan dan Visual Complexity pada Food Photography terhadap Niat Pembelian di Masa Pandemi COVID-19

Nadia Puspahati
Submission Date: 2021-03-03 17:23:08
Accepted Date: 2021-08-16 13:38:26

Abstract


Sejak pandemi Covid-19, banyak pemilik usaha yang beralih dari penjualan offline menjadi penjualan online, terutama untuk bisnis food and beverages (FnB). Platform yang sering digunakan untuk para online food shop adalah Instagram. Namun, tidak sedikit pemilik usaha yang tidak mengerti cara menghasilkan foto dengan memperhatikan visual complexity dan kini para fotografer mulai menawarkan bantuan mereka, terutama di bidang food photography. namun hingga saat ini belum banyak penelitian yang meneliti tentang visual complexity dan apakah persepsi pelanggan berpengaruh terhadap niat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah persepsi pelanggan dan visual complexity pada online food shop yang menggunakan jasa food photography berpengaruh terhadap niat pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan survey online yang melibatkan 163 responden yang tersebar di kota Surabaya, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Data dari penelitian ini diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan menemukan bahwa persepsi terhadap desain, persepsi terhadap keandalan dan visual complexity berpengaruh positif terhadap pembelian. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat mengidentifikasi perilaku konsumen di platform media sosial lainnya dan meneliti kota lainnya di Indonesia.

Keywords


Persepsi Pelanggan, Visual Complexity, Food Photography, Niat Pembelian, ANOVA

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.