Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Pembelajaran Dalam Jaringan / Daring (Studi Kasus Siswa SMA di Kecamatan Sampang)

Annisa Fitria, Mutiah Salamah
Submission Date: 2021-07-26 10:26:20
Accepted Date: 2022-02-26 00:00:00

Abstract


Masa pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai bidang salah satunya pendidikan. Pemerintah menutup kegiatan belajar mengajar di kelas mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi dan mengubah sistem pembelajaran langsung atau tatap muka (konvensional) menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Penerapan pembelajaran daring di Kabupaten Sampang ini memberikan banyak kontra bagi pelajar karena dinilai tidak efektif dan belum maksimal. Oleh karena dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran daring. Data yang digunakan pada analisis ini adalah data primer yang didapatkan melalui survei terhadap siswa SMA Negeri di Kecamatan Sampang dan data yang didapatkan dianailisis menggunakan regresi logistik biner. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa mayoritas siswa merasa pembelajaran daring tidak efektif dan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap efektifitas pembelajaran daring di Kecamatan Sampang adalah jenis kelamin, kemudahan dalam pengoperasian platform pembelajaran daring yang digunakan, dan poin pemahaman akan materi pembelajaran daring.

Keywords


Efektifitas; Pembelajaran Daring; Regresi Logistik Biner

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.