Pengaruh Perceived Value dan Team Identification terhadap Purchase Intention Licensed Merchandise Klub Persebaya

Muhammad Fahmi Nugroho, Janti Gunawan, Mushonnifun Faiz Sugihartanto
Submission Date: 2021-08-13 15:22:58
Accepted Date: 2022-07-11 00:00:00

Abstract


Sepakbola adalah olahraga yang paling digemari di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh Nielsen Sports menunjukan bahwa sepakbola menempati peringkat kedua sebagai olahraga terpopuler di Indonesia. Industri sepakbola semakin berkembang dan membuat sebuah klub sepakbola melakukan segala cara untuk terus bertahan, salah satunya dengan mengatur pendapatan klub itu sendiri. Terdapat beberapa pos pemasukan sebuah klub, menurut Annual Review of Football Finance yang dilakukan oleh Deloitte menunjukan bahwa sponsorship/commercial (licensed merchandise, hak atas stadion, iklan dan promosi) menempati posisi kedua dalam besaran pemasukan klub dengan besaran persentase 27%. Namun, di Indonesia masih minim sekali studi yang meneliti tentang pengaruh perceived value dan team identification terhadap purchase intention licensed merchandise. Hal ini mungkin dikarenakan masih terbatasnya pemahaman tentang perceived value, team identification, purchase intention dan licensed merchandise. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan jumlah reponden 1.029. Hasil menunjukan bahwa perceived value dan team identification berpengaruh positif terhadap purchase intention, serta symbolic dan peer influence berpengaruh positif terhadap perceived value. Implikasi manajerial dapat diterapkan pihak Persebaya adalah memanfaatkan fitur ads pada media sosial dengan fokusan wilayah Jawa Timur, hingga membuat beberapa konten marketing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk licensed merchandise Persebaya.

Keywords


Licensed Merchandise; Perceived Value; Persebaya; Purchase Intention; Team Identification

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.