Perancangan Desain Aplikasi Mobile untuk Pembelajaran Aksara Incung Jambi

Lifia Redinsya, Nurina Octa Darmawati
Submission Date: 2021-08-20 23:54:07
Accepted Date: 2023-04-04 00:00:00

Abstract


Aksara merupakan suatu simbol atau huruf yang digunakan untuk mengungkapkan unsur ekspresif suatu bahasa. Salah satu aksara yang ada di Indonesia adalah Aksara Incung, sebuah aksara tradisional yang berasal dari Kerinci, Jambi. Saat ini, pembelajaran Aksara Incung hanya terbatas pada buku pelajaran Seni Budaya di beberapa sekolah menengah di Sungai Penuh sehingga media pembelajaran alternatif masih minim untuk siswa. Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari Aksara Incung dengan cara kreatif yang baru. Metode yang dilakukan penulis dalam perancangan ini yaitu melakukan observasi kepada beberapa siswa kelas 10 SMAN 1 Sungai Penuh untuk mengetahui cara pembelajaran Aksara Incung dari guru yang bersangkutan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, Konten yang disajikan didapatkan dari guru yang bersangkutan dan pembelajaran dari sebuah komunitas penggagas pembelajaran Aksara Incung, Sekolah Incung di Sungai Penuh, Jambi. Hasil perancangan ini adalah aplikasi untuk mengajarkan masyarakat secara mandiri mengenai Aksara Incung. Dimulai dari bentukan huruf, penggunaan serta cara menyusun aksara tersebut sehingga menjadi sebuah kata. Oleh karena itu, terancangnya Aplikasi Interaktif pembelajaran Aksara Incung ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Aksara Incung sekaligus meningkatkan minat siswa dalam melestarikan aksara ini.

Keywords


Aplikasi Mobile; Aksara Incung; Kerinci

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.