Prediksi Penjualan Sepeda Motor Merek 'X' di Kabupaten dan Kotamadya Malang dengan Metode Peramalan Hirarki

Rika Susanti, Destri Susilaningrum, Suhartono Suhartono
Submission Date: 2014-08-24 08:48:12
Accepted Date: 2014-09-14 00:00:00

Abstract


Kabupaten dan Kotamadya Malang merupakan wilayah dengan penjualan sepeda motor merek “X” yang tinggi di Jawa Timur. Sepeda motor merek “X” merupakan motor yang paling diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penjualan sepeda motor merek “X” di Kabupaten dan Kotamadya Malang dengan menggunakan metode peramalan hierarki. Ada dua pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan top-down dan bottom-up. Pada pemodelan di level 1 dengan pendekatan top-down, diketahui bahwa penjualan tahunan sepeda motor merek “X” di Kabupaten dan Kotamadya Malang masing-masing dipengaruhi oleh Jumlah Penduduk Usia produktif dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita. Metode peramalan hierarki terbaik untuk memprediksi penjualan sepeda motor merek “X” di Kabupaten Malang adalah dengan pendekatan bottom-up, sedangkan di Kotamadya Malang dengan pendekatan top-down berdasarkan proporsi peramalan (FP) untuk jenis matic, sedangkan untuk jenis cub dan sport masing-masing berdasarkan proporsi data Histori 2 (HP2) dan data Histori 1 (HP1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan sepeda motor merek “X” jenis cub cenderung menurun, sedangkan penjualan jenis matic dan sport cenderung naik.

Keywords


ARIMAX;Bottom-up;Sepeda Motor Merek “X”;Top-down.

References