Perancangan Video Animasi Eksplainer Tentang Pembelajaran Literasi Finansial untuk Milenial Usia 18-25 Tahun (Studi Kasus: Manajemen Arus Kas)

Ilham Sahrul Ramadhani, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2022-02-09 08:02:14
Accepted Date: 2024-12-20 00:00:00

Abstract


Literasi finansial merupakan suatu hal yang seharusnya menjadi kebutuhan dasar tiap-tiap individu atau masyarakat dalam mengelola keuangan. Berdasarkan fakta di lapangan, banyak generasi muda tidak mempunyai literasi finansial yang baik. Untuk itulah dirancanglah sebuah video animasi eksplainer literasi finansial untuk milenial usia 18-25 Tahun dengan strategi dan media yang sesuai dengan preferensi audiens. Perancangan media edukasi interaktif ini disusun dengan beberapa metode. Data-data terkait dengan objek dan subjek penelitian didapatkan melalui studi literatur dan studi eksisting. Selain itu dilakukan juga pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Pesan utama akan disajikan dalam bentuk serial video animasi eksplainer yang akan diunggah ke Youtube dan Instagram, serta media pendukung lainnya seperti konten media sosial. Perancangan video animasi eksplainer tentang literasi finansial yang mengusung konsep “EaZY & Fund” diharapkan dapat mengajak target audiens agar mampu melakukan perencanaan keuangan secara lebih baik serta aware dengan isu keuangan. Dalam jangka panjang, perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi finansial milenial Indonesia.

Keywords


Literasi Finansial; Video Eksplainer; Milenial

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.