Perancangan dan Evaluasi Konten Media Sosial bagi UMKM Sambal Ning Niniek dengan Pendekatan Design Thinking

Dhianya Baiq Azzahra Poespito, Gogor Arif Handiwibowo
Submission Date: 2022-07-23 04:05:58
Accepted Date: 2023-04-30 00:00:00

Abstract


Adanya kemajuan teknologi dan perkembangan teknologi berdampak pada seluruh sektor yang dapat mempermudah aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi era pemasaran saat ini. Pada tahun 2019 jumlah Usaha Mikro dan Kecil (UMK) pada bidang FnB pada tahun 2019 (Food and Beverage) di Jawa Timur mencapai 746.732 unit usaha dan jumlah pengguna media sosial di Indonesia per Januari 2022 sebanyak 191 juta jiwa. Adanya fakta tersebut membuat peneliti melakukan penelitian terhadap UMKM Sambal Ning Niniek dikarenakan engagement rate dari sosial media UMKM Sambal Ning Niniek tergolong rendah, selain itu UMKM Sambal Ning Niniek sempat mengalami penurunan penjualan dikala pandemi. Adanya fenomena tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan perancangan dan evaluasi terhadap konten media sosial dari UMKM Sambal Ning Niniek dengan menggunakan metode design thinking. Metode design thinking dipilih karena dapat mempertimbangkan aspek dari potential users dan juga pemilik usaha untuk menghasilkan konten media sosial yang terbaik. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa engagement dari platform media sosial yang dimiliki oleh UMKM Sambal Ning Niniek masih tergolong rendah sehinga dibuatlah perancangan 6 konten media sosial yang berbentuk video untuk platfrom media sosial Instagram, Facebook dan Tiktok yang diharapkan dapat meningkatkan nilai usaha dari UMKM Sambal Ning Niniek.

Keywords


Design Thinking; Konten Media Sosial; UMKM Sambal Ning Niniek

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.