Perancangan Content Marketing untuk Sosialisasi Program Studi Baru : Studi Kasus Magister Sains Manajemen ITS

Athalla Naufal Yudithio, Janti Gunawan, Ninditya Nareswari
Submission Date: 2022-07-25 12:51:56
Accepted Date: 2023-04-30 00:00:00

Abstract


Dalam menanggapi fenomena transisi demografi, yaitu era bonus demografi pada tahun 2020-2035 di Indonesia, Departemen Manajemen Bisnis ITS merencanakan untuk membuka program studi baru, yaitu Magister Sains Manajemen (MSM) ITS. Pembentukan program studi MSM-ITS disusun dengan banyak aspek pertimbangan baik dari animo yang ada di masyarakat, kondisi internal dan eksternal yang cukup menjanjikan, dan kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Dengan adanya hal tersebut, diperlukan sebuah strategi pemasaran yang efektif untuk melakukan sosialisasi program studi baru yang dapat menarik calon mahasiswa baru terhadap dibukanya program studi baru Magister Sains Manajemen (MSM) ITS nantinya. Dari semua permasalahan yang ada, maka penelitian ini akan memberikan luaran berupa panduan penyusunan content marketing untuk program sosialisasi program studi baru Magister Sains Manajemen ITS. Proses perancangan yang melibatkan berbagai perspektif, mulai dari pemangku kepentingan program studi tersebut serta potential users yang terdiri dari fresh graduate, pihak pemerintahan, serta pihak perusahaan yang akan menghasilkan dua luaran utama dengan menggunakan metode design thinking. Luaran pertama yaitu brand blueprint yang memuat background, brand persona serta foundation strategies. Luaran kedua yaitu content guidelines yang memuat content approach, potential market, serta content marketing.

Keywords


Content Marketing; Customer Engagement; Design Thinking; Magister Sains Manajemen ITS; Program Sosialisasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.