Pengaruh Brand Ambassador dan Instagram Sales Promotion terhadap Purchase Intention Produk Lemonilo

Oktavihana Manalu, Gogor Arif Handiwibowo, Lissa Rosdiana Noer
Submission Date: 2022-07-25 22:05:44
Accepted Date: 2023-04-30 00:00:00

Abstract


Melalui fenomena korean wave, saat ini banyak pemasar yang mempromosikan merek, produk dan layanan menggunakan brand ambassador yang berasal dari Korea Selatan yang merupakan kalangan orang-orang populer dengan reputasi yang baik seperti aktor, penyanyi maupun selebriti dengan tujuan untuk mendekatkan calon konsumen dengan suatu produk dan layanan untuk menarik minat calon konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini merupakan penelitian conclusive – descriptive – multiple cross-sectional menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mendapatkan data primer, peneliti akan menyebarkan kuesioner digital berupa google form dengan target populasi dari penelitian ini adalah responden yang berusia minimal 18 tahun, berdomisili di Indonesia, mengonsumi Lemonilo dan memiliki pemahaman dan atau penggemar NCT Dream. Sampel yang dipilih sebanyak 210 responden. Penelitian ini, menggunakan analisis PLS-SEM. Berdasarkan hasil PLS-SEM, menunjukkan bahwa terdapat 2 hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh brand ambassador terhadap brand image dan pengaruh brand image terhadap purchase intention karena pengaruhnya yang tidak signifikann. Terdapat pula 4 hipotesis yang diterima yakni pengaruh brand ambassador terhadap brand trust, social media sales promotion terhadap brand image, social media sales promotion terhadap brand trust dan pengaruh brand trust terhadap purchase intention yang hasilnya berpengaruh positif dan signifikan.

Keywords


Brand Ambassador; Brand Image; Brand Trust; Purchase Intention; Sales Promotion

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.