Perancangan Buku Aktivitas Sebagai Media Pembelajaran Edukasi Seksualitas Anak Usia Dini

Dintan Salsabila, Putri Dwitasari
Submission Date: 2022-07-26 13:36:28
Accepted Date: 2025-02-17 00:00:00

Abstract


Pendidikan seksualitas dibutuhkan untuk membantu anak dalam pembelajaran tentang aspek kognitif, emosional, fisik dan sosial dari seksualitas agar dapat melindungi dirinya dari tindakan pelecehan seksual. Sebagai pihak pembimbing, orangtua atau guru memiliki peran yang besar, namun belum mampu menyampaikan isi dari pesan dalam materi edukasi seksualitas dengan baik. Berdasarkan fenomena diatas, dibutuhkan media yang dapat menjadi solusi untuk menyampaikan materi edukasi seksualitas untuk orangtua dan guru. Agar dapat memahami materi yang memiliki banyak informasi, proses belajar harus lebih menyenangkan. Aspek kesenangan membantu meningkatkan motivasi anak dalam mempelajari materi dan mengingatnya. Pada perancangan ini dilakukan beberapa metode penelitian untuk mengumpulkan data yaitu melalui studi literatur, studi komparatif, kuisoner, dan wawancara kepada narasumber ahli. Kuisoner disebarkan untuk mendapatkan data tentang hubungan orangtua dan materi edukasi seksualitas anak. Studi literatur dilakukan untuk mendapatkan data tekstual yang dapat mendukung perancangan, mencangkup tinjauan teks tentang pendidikan seksualitas untuk anak, visualiasi buku anak, serta buku aktivitas. Studi komparatif dilakukan untuk mengkaji perancangan lain yang berhubungan dengan edukasi seks agar mendapatkan pemahaman tentang materi yang tersedia dalam media yang serupa. Wawancara dilakukan untuk memahami lebih lanjut tentang edukasi seks dan solusi yang dapat ditawarkan narasumber ahli dalam perancangan. Studi ekperimental juga dilakukan untuk mengeksplorasi visualisasi akhir perancangan. Perancangan ini menghasilkan media pembelajaran buku aktivitas cetak dengan media pendukung digital. Buku aktivitas ini akan memberikan informasi tentang materi edukasi seksualitas yang dibutuhkan anak usia dini dengan menyenangkan, dalam jangka waktu penggunaan media yang pendek, serta mudah digunakan oleh orangtua atau guru agar informasi dapat disampaikan dengan lebih mudah.

Keywords


Buku Aktivitas; Media Pembelajaran; Edukasi Seksualitas; Anak Usia Dini

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.