Desain Carbody & Interior Feeder Elektrik Minibus Low-Deck dengan Studi Kota Surabaya
Submission Date: 2022-07-26 11:34:09
Accepted Date: 2025-02-17 00:00:00
Abstract
Angkutan Umum atau “angkot” merupakan salah satu moda transportasi umum di Kota Surabaya yang tiap tahunnya mengalami penurunan angka baik di jumlah penumpang dan unit. Pada tahun 2015 jumlah unit angkot yang aktif pada terminal Joyoboyo sebanyak 1.012 unit, sedangkan pada tahun 2019 jumlah berkurang drastis menjadi 188 unit. Hal ini disebabkan oleh penurunan kualitas angkot baik dari kendaraan maupun sistemnya. Jumlah unit kendaraan pada tahun 2015 yang berumur lebih dari 15 tahun mencakup 76% dari jumlah total angkot di seluruh kota Surabaya. Selain unit kendaraan yang sudah tua, headway pada angkot memakan waktu selama 7-8 menit pada jam sibuk pagi, 15-16 menit pada jam sibuk siang, lalu lebih dari 16 menit saat jam sibuk sore. Seharusnya standar headway optimal kendaraan umum adalah sebesar 2-5 menit saat jam sibuk, lalu 5-10 menit untuk jam non sibuk. Hal ini menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum yang hanya berpresentase sebanyak 10,88% di Surabaya Transport Index 2018. Di sisi lain, Kemenhub Indonesia yang didukung oleh PERPRES RI nomor 5 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (BEV) untuk transportasi jalan memiliki misi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada sektor transportasi guna mengurangi polusi udara yang dihasilkan emisi kendaraan. Hal ini sangat membuka potensi bagi kendaraan berbahan bakar elektrik yang memiliki tingkat emisi yang rendah. Maka dari itu Penulis melakukan metode yang mencakup observasi, wawancara, serta shadowing untuk mendapatkan data dari permasalahan. Data yang dikumpulkan lalu digunakan Penulis sebagai penunjang dari Desain carbody dan interior feeder angkutan umum elektrik di Surabaya. Dengan mengganti bahan bakar menjadi elektrik, serta mengembangkan platform mini-van sebagai angkutan umum, Dengan mengusung konsep angkutan umum Easy-to-Access , Akurat dan juga Smart. Desain angkutan umum yang diusung memiliki tingkat emisi yang rendah, akses mudah dan nyaman dinaiki untuk masyarakat Surabaya dari segala umur dan kondisi, serta desainnya dapat melewati berbagai rute di Surabaya. Desain angkutan umum ini akan meningkatkan minat masyarakat Surabaya terhadap transportasi umum. Dari desain angkutan umum yang diusung penulis angka kemacetan, serta polusi udara pun akan turun
Keywords
Angkutan Umum; Feeder; Surabaya; Kendaraan Listrik
CC Licencing
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.