Analisis Segmentasi Pasar Produk BULOG di Surabaya Menggunakan Correspondence Analysis

Fitriana Azzahra, Mutiah Salamah Chamid
Submission Date: 2022-07-27 09:09:51
Accepted Date: 2023-05-01 07:43:03

Abstract


BULOG (Badan Urusan Logistik) sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berbentuk Perusahaan Umum memiliki kewenangan yang luas mengelola usaha multi komoditi pangan melalui perdagangan produk BULOG. Permasalahan yang timbul adalah produknya kurang dikenal oleh masyarakat karena pemasarannya yang belum menjangkau ke target pasar yang tepat. Berdasarkan survei yang dilakukan kepada 20 masyakarat Surabaya, 16 masyarakat belum mengetahui produk BULOG. Untuk mengetahui target pasar dari produk BULOG di Surabaya secara spesifik, dilakukan analisis segmentasi pasar menggunakan Correspondence Analysis sehingga dapat diketahui pola kecenderungan minat masyarakat Surabaya terhadap produk BULOG berdasarkan segmen geografis, demografis, perilaku, dan psikografis. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang berminat terhadap produk beras cenderung bertempat tinggal di kecamatan Tenggilis Mejoyo, berusia diatas 54 tahun, berminat karena alasan kandungan gizi dan manfaat yang ada pada produk, ingin membeli produk di Toko Kelontong, dan memiliki kebiasaan membeli beras sebanyak 1-5 kg dalam 1 bulan. Yang berminat terhadap produk gula cenderung bertempat tinggal di kecamatan Sukolilo, berusia 25-34 tahun, berminat karena alasan harga produk yang tergolong murah, ingin membeli produk di Kantor BULOG terdekat, dan memiliki kebiasaan membeli gula lebih dari 2 kg dalam 1 bulan. Yang berminat terhadap produk minyak goreng cenderung bertempat tinggal di kecamatan Rungkut, berusia 45-54 tahun, berminat karena alasan keinginan pribadi, ingin membeli produk di Toko Kelontong, dan memiliki kebiasaan membeli minyak goreng lebih dari 2 liter dalam 1 bulan.

Keywords


Analisis Segmentasi Pasar; Correspondence Analysis; Produk BULOG

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.