Analisis Intervensi untuk Evaluasi Pengaruh Bencana Lumpur Lapindo dan Kebijakan Pembukaan Arteri Porong Terhadap Volume Kendaraan di Jalan Tol Waru-Gempol

Ratna Pratiwi, Dwiatmono Agus Widodo, Suhartono Suhartono
Submission Date: 2014-08-24 09:45:23
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


Jalan tol Surabaya-Gempol merupakan salah satu jalur transportasi yang sangat vital bagi kehidupan perekonomian di Jawa Timur. Sebuah fenomena semburan lumpur panas Lapindo Brantas di kecamatan Porong menyebabkan ruas jalan tol Porong tergenang dan harus ditutup. Untuk mengatasi kemacetan yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut, PT. Jasa Marga meresmikan pembukaan jalan arteri Porong. Untuk mengevaluasi dampak dari peristiwa tersebut dilakukan pemodelan terhadap volume kendaraan di jalan tol Waru-Gempol menggunakan model intervensi. Berdasarkan model dari data volume kendaraan dari bulan Januari 2003 sampai dengan Desember 2013, ada empat kejadian yang berpengaruh terhadap volume kendaraan, yaitu kenaikan harga BBM, bencana lumpur Lapindo, jebolnya tanggul lumpur dan pembukaan arteri Porong. Hasil analisis menunjukkan bahwa empat kejadian tersebut memberikan dampak pada beberapa gerbang tol dan golongan kendaraan tertentu. Besarnya peramalan volume kendaraan di jalan tol Waru-Gempol untuk satu tahun kedepan adalah 29.782.711 kendaraan. Sehingga prediksi pendapatan untuk periode satu tahun kedepan adalah Rp. 156.214.426.500.

Keywords


Intervensi;Lumpur Lapindo;Pembukaan Arteri Porong;Volume Kendaraan

References


Jasa Marga. (10 Oktober 2013). Layanan Jalan Tol Surabaya Gempol. Available: http://www.jasamarga.com/.

BPLS. (24 Oktober 2013). Perkembangan Relokasi Jalan Arteri-Siring Porong. Available: http://www.bpls.go.id/.

Y. Irawan. “Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Arteri Porong,” Tugas Akhir S1 Teknik Sipil, FTSP, ITS Surabaya (2010).

P. D. Yunita. “Model Intervensi untuk Evaluasi Pengaruh Pembukaan Arteri Porong terhadap Volume Kendaraan di Jalan Tol Waru Gempol,” Tugas Akhir S1 Statistika, FMIPA, ITS Surabaya (2013).

R. Widyaningsih. “Model Intervensi untuk Evaluasi Dampak Bencana Lumpur Lapindo Terhadap Volume Kendaraan di Jalan Tol,” Tugas Akhir S1 Statistika, FMIPA, ITS Surabaya (2008).

W. W. S. Wei. Time Series Univariate and Multivariate Methods. Canada : Addison Wesley Publishing Company, Inc. (2006).

W. W. Daniel. Statistika Nonparametrik Terapan. Jakarta: PT. Gramedia (1989).

W. Enders. Applied Econometric Time Series. New York: John Wiley & Sons, Inc. (1995).


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.