Analisis Statistik Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kerja Fresh Graduate Di Jurusan Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopemper (ITS) Dengan Metode Regresi Logistik Ordinal

Ridho Tri Putranto, Muhammad Mashuri
Submission Date: 2012-08-14 14:51:58
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


 

Dalam perkembanganya perguruan tinggi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah jumlahnya, sehingga semakin banyak pula lulusan yang dihasilkan setiap tahunya. Akan tetapi dengan semakin banyaknya lulusan dari perguruan tinggi tersebut tidak sejalan dengan meningkatnya jumlah lapangan kerja di negeri ini. Ketidakseimbangan antara jumlah lulusan dan jumlah lapangan kerja ini menyebabkan persaingan di dunia kerja semakin ketat. Setiap perguruan tinggi pasti menginginkan lulusanya bisa sukses di dunia kerja. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelusuran terhadap lulusan perguruan tinggi untuk mengetahui kualitas lulusan yang dihasilkan. Dalam Tugas Akhir ini dilakukan penelitian terhadap alumni Statistika ITS selama lima tahun terakhir untuk mengetahui profil dari alumni dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan alumni . Hasil analisis regresi logistik ordinal menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap waktu tunggu kerja alumni Statistika ITS selama lima tahun terakhir adalah variabel jumlah anggota keluarga, status SLTA, jenis pekerjaan yang dipilih dan motivasi dalam mencari kerja

 


Keywords


Alumni; Regresi Logistik; Statistika ITS

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.