Penerapan Aksesibilitas pada Desain Fasilitas Pendidikan Sekolah Luar Biasa
Abstract
Pada dasarnya setiap sekolah memiliki fasilitas pendidikan yang kebutuhannya disesuaikan dengan aktivitas ataupun kurikulum yang ada di dalamnya. Tidak beda dengan Sekolah Luar Biasa yang memiliki Fasilitas Pendidikan khusus bagi anak – anaknya. Selain kurikulum dan pembelajarannya yang berbeda, desain ruang kelas sampai kamar mandi pun memiliki kekhususan dalam penempatannya. Desain ruang kelas tidak hanya berkutat pada bagaimana ruang kelas tersebut mampu menciptakan suasana yang kondusif, tetapi melihat dari kekhususan anak – anak tersebut maka perlu diciptakannya suasana yang komunikatif, nyaman, aman, dan edukatif. Oleh karena itu perlu adanya penerapan aksesibilitas secara khusus pada desain fasilitas pendidikan yang ada utamanya untuk Sekolah Luar Biasa
Keywords
CC Licencing
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.