3D Peraga Ilmu Urologi Berbasis Augmented Reality

Aisyah Luna Maydinar Sutisna, Nugrahadi Ramadhani
Submission Date: 2018-07-31 12:09:53
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Pendekatan pembelajaran konvensional memiliki berbagai kelemahan dari berbagai sudut pandang, terutama dari segi interaktivitas, mekanisme, dan cenderung bersifat pasif. Sebuah pendekatan alternatif menggunakan media diusulkan dalam bentuk pendekatan berbasis visualisasi yang mampu menyampaikan konten yang sebanding dengan pendekatan konvensional serta bersifat atraktif. Penelitian ini membahas tentang bagaimana alternatif untuk menyampaikan media pembelajaran urologi dengan menggunakan pendekatan observasional sebagai metode pengumpulan proses kebutuhan pengguna di setiap pemangku kepentingan yang ada. Adapun dasar teori yang digunakan berupa studi literatur untuk mengetahui anatomi dan fisiologi dasar urologi disertai 5 penyakit populer, pendekatan realitas tetambah (Augmented Reality), dan konsep 3D modeling. Hasil rancangan dari penelitian ini berbentuk sebuah aplikasi berbasis android yang berisikan media peragaan dengan animasi 3D dan Augmented Reality yang diharapkan mampu mempermudah pengguna memahami urologi secara singkat dan komprehensif.

Keywords


Augmented Reality; Aplikasi Peragaan; Urologi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.