Analisis Sentimen Nasabah pada Layanan Perbankan Menggunakan Metode Regresi Logistik Biner, Naïve Bayes Classifier (NBC), dan Support Vector Machine (SVM)
Abstract
Di era globalisasi, semua aktivitas yang dilakukan tidak dapat terlepas dari teknologi. Dengan menggunakan Twitter pendapat masyarakat mengenai layanan dari perbankan dapat diketahui. Pada penelitian ini pendapat nasabah akan dibedakan menjadi sentimen positif atau negatif sehingga hasil analisa sentimen tersebut dapat dijadikan evaluasi sebagai peningkatan layanan pada para nasabahnya. Klasifikasi sentimen positif dan sentimen negatif dilakukan dengan beberapa metode yakni menggunakan Regresi Logistik Biner yang merupakan salah satu metode konvensional, metode Naïve Bayes Classifier yakni metode yang sederhana namun memiliki ketepatan klasifikasi yang baik, dan metode Support Vector Machine (SVM) yang dapat mengklasifikasikan sentimen dengan beberapa jenis kernel. Data yang digunakan pada penelitian ini diklasfikasikan secara manual dan dengan menggunakan kamus lexicon. Karena jumlah data sentimen yang tidak seimbang maka dilakukan SMOTE pada data klasifikasi manual. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode terbaik untuk mengklasifikasikan sentimen pada layanan BRI adalah SMOTE-SVM kernel RBF, sedangkan untuk Bank Mandiri adalah SMOTE-NBC karena memiliki nilai AUC paling tinggi.
Keywords
CC Licencing
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.